ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Sunday, September 9, 2012

Apa Yang Dikerjakan Oleh Para Manajer

Apa Yang Dikerjakan Oleh Para Manajer

Berdasarkan definisi manajemen yang dibahas sebelumnya pada artikel "Apa Itu Manajemen", kita sudah bisa merumuskan sendiri apa itu definisi manajer. Manajer adalah seorang perencana, pengorganisir, pemimpin, penggerak, dan pengendali organisasi. Itulah definisi manajer secara sederhana.

Dan dengan mengetahui definisi manajer tersebut, maka kita sudah bisa mengetahui apa saja yang dikerjakan oleh para manajer. Seorang manajer bekerja dalam organisasi agar organisasi itu bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Namun dari beberapa fungsi manajer tadi, ada hal-hal yang lebih khusus yang dikerjakan para manajer. Dan hal-hal itulah yang dikerjakan para manajer untuk menjalankan fungsinya sebagai seorang manajer. Hal-hal yang dikerjakan seorang manajer adalah :
  1. Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain. Orang lain yang dimaksud adalah orang-orang yang berada dalam organisasi maupun yang ada diluar organisasi. Dengan demikian para manajer bekerja dengan siapa saja pada setiap tingkat di dalam atau di luar organisasinya yang dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi.
  2. Manajer bertanggungjawab dan dapat dipercaya. Manajer bertanggungjawab agar setiap tugas dilaksanakannya dengan berhasil.
  3. Manajer menyeimbangkan tujuan yang saling bertentangan dan menentukan prioritas.
  4. Manajer harus berpikir secara analitis dan konseptual.
  5. Manajer adalah penegah (mediator).
  6. Manajer itu politikus. Manajer harus mempunyai keterampilan politik lainnya.
  7. Manajer itu diplomat.
  8. Manajer membuat keputusan yang sukar.
  9. Manajer adalah apa yang dilakukannya, dan seorang manajer tentu saja melakukan bermacam-macam pekerjaan.
Itulah yang harus dikerjakan oleh para manajer. Memang sangat rumit dan sukar apabila kualifikasi seorang manajer harus bisa menguasai hal-hal itu. Namun dengan semangat belajar, maka seorang manajer bisa mengetahui segala hal yang dibutuhkannya dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin organisasi.

Ditulis Oleh : Leon Manua Hari: 12:06 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

INI BLOG DOFOLLOW

INI BLOG DOFOLLOW