ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Tuesday, October 23, 2012

Pengertian Kepemimpinan


Pengertian Kepemimpinan

John Kotter dari Harvard Business School menyatakan bahwa kepemimpinan  berkaitan dengan perubahan. Pemimpin menentukan arah dengan cara mengembangkan suatu visi masa depan, kemudian, mereka menyatukan orang-orang dengan mengomunikasikan visi ini dan menginsirasi mereka untuk mengatasi berbagai rintangan. Dan Stephen Robbins mendefinisikan kepemimpinan (leadership) sebagai kemampuan untuk memengaruhi suatu kelompok guna mencapai sebuah visi atau srangkaian tujuan yang ditetapkan.
  
Organisasi membutuhkan kepemimpinan dan manajemen yang kuat agar efektifitasnya optimal. Kita juga membutuhkan para manajer untuk merumuskan rencana mendetail, menciptakan struktur organanisasi yang efisien, dan mengawasi operasi sehari-hari.

Terlalu banyak ahli -bahkan yang bukan ahli- merumuskan definisi pemimpin atau kepemimpinan. Dalam organisasi-organisasi besar selalu diadakan latihan khusus untuk mendidik calon pemimpin dengan berbagai metode pelatihan kepemimpinan. Namun inti dari arti pemimpin itu sangat mudah walaupun sulit diterapkan. Karena sebagian besar orang percaya kepemimpinan itu adalah hidup, bukan teori belaka.

Kepemimpinan yang berdasarkan ilmu manajemen lebih mengarah pada sebuah ilmu dan seni dari seseorang yang mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen secara optimal dan mampu mencapai tujuan. Itulah inti dari kepemimpinan.


Ditulis Oleh : Onky Leonardo Manua Hari: 10:58 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment