ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Saturday, February 1, 2014

10 Tips Manajemen Waktu yang Baik

Kamu mungkin telah pernah mengikuti seminar mengenai manajemen waktu, dan mungkin anda sudah sering membaca buku untuk mempelajari bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Kamu mungkin juga telah membuat serangkaian perencanaan di buku atau bahkan gadget yang khusus untuk mengatur jadwal Kamu. Tapi apakah Kamu benar-benar membutuhkan semua gadget dan buku itu? Apakah Kamu tidak bisa mengatur pekerjaan Kamu tanpa alat-alat itu?

Jawabannya sangat sederhana. Semua hal peralatan dan gadget yang Kamu pakai untuk mengorganisir waktu Kamu tidak akan berguna. Sebelum Kamu bisa mengatur waktu Kamu, Kamu sendiri harus memahami arti dari waktu. Dalam kamus waktu dijelaskan sebagai sebuah periode atau titik dimana suatu hal terjadi.

Ada dua jenis waktu, waktu pada jam dan waktu sebenarnya (waktu nyata). Dalam waktu pada jam, ada 60 detik dalam satu menit, 60 menit dalam satu jam, dua puluh empat jam dalam sehari dan 365 hari dalam setahun. Waktu ini berlalu sama cepatnya. Saat seseorang berusia 50, mereka benar-benar berusia 50. Tidak ada yang kurang ataupun lebih.

Dalam waktu sebenarnya atau waktu nyata, semua waktu itu relatif. Waktu bisa berlalu tergantung dengan apa yang Kamu lakukan. Dua jam dalam sebuah pabrik motor bisa terasa seperti dua belas tahun. Dan dua belas tahun masa kanak-kanak Kamu bisa terasa seperti dua jam saja.

Jenis waktu yang mana yang mewakili Kamu di kehidupan Kamu?

Alasan mengapa semua gadget, peralatan dan sistem pengaturan waktu yang Kamu gunakan tidak akan berhasil adalah karena semua sistem dan gadget yang Kamu miliki itu hanya mengatur waktu pada jam. Waktu pada jam tidak relevan. Kamu tidak tidak memiliki akses pada waktu tersebut. Kamu hidup di waktu yang nyata, sebuah dunia dimana waktu berjalan begitu cepat saat Kamu bahagia, dan terasa begitu lambat saat Kamu melakukan hal yang tidak Kamu suka.

Berita baiknya adalah bahwa waktu nyata itu terkait dengan mental dan pola pikir. Kamu dapat menciptakannya. Apapun yang dapat Kamu ciptakan, pasti dapat Kamu atur. Ini saatnya untuk membuang segala jenis sabotase diri, dan pembatasan diri. Tidak ada lagi alasan “tidak memiliki waktu yang cukup” atau “hari ini bukanlah waktu yang tepat” untuk memulai suatu hal.

Hanya ada tiga cara untuk menghabiskan waktu: berpikir, bercakap-cakap, melakukan sesuatu. Terlepas dari tipe bisnis yang Kamu jalani saat ini, bisnis Kamu tidak akan terlepas dari ketiga hal ini.

Sebagai seorang pengusaha, waktu yang Kamu miliki pasti akan sering terbagi. Saat Kamu tidak bisa menghilangkan interupsi-interupsi itu, Kamu harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang harus Kamu luangkan untuk interupsi tersebut, dan berapa banyak waktu yang harus Kamu luangkan untuk berpikir, berinteraksi dengan orang lain, dan mengambil tindakan untuk kesuksesan bisnis Kamu.

Praktekan ke-sepuluh teknik di bawah ini untuk menguasai pengaturan waktu Kamu!


  1. Bawalah jadwal, dan ingatlah seluruh isi pemikiran Kamu, percakapan, dan kegiatan yang harus Kamu lakukan selama seminggu. Ini akan membantu Kamu untuk memahami berapa banyak hal yang dapat Kamu selesaikan dalam satu hari, dan kapan waktu-waktu berharga Kamu akan berlalu. Kamu akan dapat melihat berapa banyak waktu yang Kamu luangkan untuk mencapai hasil, dan berapa banyak waktu yang telah Kamu buang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.
  2. Segala kegiatan dan percakapan yang penting untuk kesuksesan Kamu harus ada jangka waktunya. List pekerjaan Kamu akan bertambah sangat banyak jika Kamu mengisinya dengan hal-hal yang tidak bisa dikerjakan. Buatlah jadwal untuk diri Kamu sendiri dimana Kamu bisa meluangkan waktu untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang produktif bagi diri Kamu. Lakukanlah hal ini secara disiplin.
  3. Rencanakanlah setidaknya 50% dari waktu yang Kamu miliki untuk menghasilkan hal yang produktif.
  4. Rencanakanlah waktu untuk beristirahat, menarik diri dari semua kesibukan yang Kamu miliki.
  5. Luangkan 30 menit pertama setiap harinya untuk merencanakan hari Kamu. Jangan memulai aktivitas Kamu sebelum Kamu selesai merencanakannya. Saat yang paling penting dalam hari Kamu adalah saat dimana Kamu merencanakannya.
  6. Luangkan waktu selama 5 menit untuk setiap undangan dan keputusan yang harus Kamu datangi dan Kamu ambil. Ini akan membantu Kamu memperlihatkan prioritas yang harus diutamakan, dan membuat Kamu merasa bahwa waktu tidak berlalu begitu cepat. Luangkan pula 5 menit setelah aktivitas atau keputusan yang Kamu ambil untuk menentukan apakah target yang Kamu tentukan hari ini tercapai atau tidak. Apakah ada yang terlewat, atau tidak.
  7. Jangan ragu-ragu untuk menolak interupsi dari siapapun juga saat Kamu benar-benar harus mengerjakan sesuatu sampai selesai.
  8. Berlatihlah untuk tidak mengangkat semua telepon yang masuk, atau mengecek e-mail yang masuk hanya karena handphone Kamu berdering. Matikanlah koneksi telepon Kamu. Jangan berikan perhatian Kamu secara mudah kepada orang lain kecuali hal itu benar-benar krusial dalam bisnis Kamu. Jika hal itu benar-benar menentukan bisnis Kamu kedepannya, Kamu malah harus menyediakan jadwal khusus untuk meladeninya.
  9. Blokirlah semua hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti Facebook dan sosial media yang lain, kecuali Kamu menggunakan hal itu untuk membantu bisnis Kamu.
  10. Ingatlah bahwa mustahil untuk menyelesaikan semuanya. Dan ingatlah bahwa hal yang baik adalah membuat dua puluh persen kegiatan Kamu menghasilkan delapan puluh persen dari hasil Kamu.

Ditulis Oleh : Alfa Leo Hari: 12:24 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment