ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Sunday, October 20, 2013

Material Sebagai Salah Satu Unsur Manajemen

Material Sebagai Salah Satu Unsur Manajemen
Secara awam, material berarti sekumpulan alat dan bahan untuk memproses suatu pekerjaan. Dalam manajemen, material adalah segala peralatan, perlengkapan, bahan-bahan, dan benda-benda lainnya yang bisa menunjang proses manajemen sebuah organisasi.

Pada perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan buku misalnya, mereka membutuhkan material yang menunjang kegiatan bisnisnya seperti sebidang tanah dan bangunan, rak buku, cash register, komputer untuk database, komputer untuk administrasi, dan  tentunya mereka membutuhkan buku-buku untuk dijual.

Dalam hal ini, perusahaan harus memenuhi kebutuhan material dalam dua golongan, yaitu inventaris dan barang dagangan. Inventaris adalah material yang bersifat tetap yang berfungsi sebagai penunjang utama kegiatan bisnis, seperti gedung untuk toko buku, rak buku untuk memajang buku, meja untuk kasir, dan lainnya, inventaris ini tidak boleh dijual, dan pada sistem pembukuan, inventaris memiliki penyusutan nilai yang diakumulasi untuk kemudian diukur sampai kapan inventaris itu bisa digunakan. Sedangkan material yang berpa barang dagangan merupakan material inti dalam bisnis tersebut. Barang dagangan tidak dihitung akumulasi penyusutannya, tapi dihitung selisih harga beli dan harga jual, diatur persediaannya, dan kemudian ada sistem penyimpanan.

Ilmu manajemen menaruh perhatian khusus para unsur material, sehingga lahirlah cabang ilmu Material Manajemen. Cabang ilmu tersebut mempelajari bagaimana mengelola material dalam suatu sistem manajemen

Ditulis Oleh : Onky Leonardo Manua Hari: 1:02 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment