ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Wednesday, October 3, 2012

Pengertian Perilaku Organisasi

Individu, Kelompok dan Organisasi

 
Teori perilaku organisasi (organization behavior) pada dasarnya  berdasarkan  kajiannya  pada  ilmu  perilaku  itu sendiri (ilmu psikologi), yang dikembangkan dengan pusat perhatiannya  pada  tingkah  laku  manusia  dalam  organisasi.  Dengan demikian, dasar dari teori  perilaku  organisasi  ini didukung  oleh  dua komponen pokok, yakni  individu-individu  yang berperilaku dan organisasi formal sebagai wadah dari perilaku tersebut.  
 
Jadi, perilaku organisasi  adalah  suatu  studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam organisasi atau suatu kelompok  tertentu. Aspek  pertama  meliputi  pengaruh  organisasi  terhadap  manusia,  sedang aspek  kedua  pengaruh manusia  terhadap  organisasi. Pengertian  ini  sesuai dengan  rumusan  Kelly  dalam  bukunya  Organizational  Behavior  yang menjelaskan bahwa perilaku organisasi di dalamnya  terdapat interaksi dan hubungan  antara  organisasi  di  satu  pihak  dan  perilaku  individu  di  lain pihak.  Kesemuanya  ini  memiliki  tujuan  praktis  yaitu  untuk  mengarahkan perilaku manusia itu kepada upaya-upaya pencapaian tujuan.

Ditulis Oleh : Onky Leonardo Manua Hari: 10:19 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

INI BLOG DOFOLLOW

INI BLOG DOFOLLOW