ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Sunday, October 20, 2013

Tips Memecahkan Masalah Bagi Seorang Pemimpin

Tips Memecahkan Masalah Bagi Seorang Pemimpin

Bagi seorang pemimpin, masalah adalah sebuah anak tangga yang harus dilalui agar bisa mencapai puncak kualitas karakter kepemimpinan. Dengan menjadikan masalah seperti anak tangga, maka seorang pemimpin seharusnya tahu dan mengerti mana masalah yang harus diselesaikan secepatnya dan mana masalah yang baik untuk dibiarkan. Wah, kok masalah dibiarkan? Iya, ada masalah-masalah tertentu yang terkadang harus dibiarkan, bahkan seorang pemimpin yang handal akan membuat masalahnya sendiri demi kepentingan tertentu.

Jika yang muncul itu adalah masalah yang berdampak buruk, maka segeralah selesaikan. Jangan menunda waktu untuk menyelesaikan masalah yang sudah diketahui bisa mengancam organisasi. Sebab, masalah yang berdampak buruk, jika dibiarkan, maka dengan cepat akan menjadi masalah besar yang sulit diselesaikan.

Kali ini saya tidak akan menulis tentang bagaimana menyelesaikan masalah, karena menyelesaikan masalah A berbeda dengan menyelesaikan masalah B. Tapi saya akan memberikan tips untuk memecahkan masalah. Memecahkan masalah artinya cara untuk mengetahui, mempelajari masalah agar bisa diselesaikan.


  1. Cari penyebab terjadinya masalah. Mungkin anda sudah mengetahui hal ini, tapi lebih dari yang anda ketahui, penyebab suatu masalah itu tidak dengan mudah bisa anda ketahui. Cara mencari penyebab masalah yaitu dengan mengumpulkan informasi. Benar atau salah informasi itu dirangkum dulu, dipelajari, dan temukan bukti-bukti atau fakta-fakta yang mendukung data anda. Informasi berupa data yang anda peroleh bisa anda analisis secara mendalam.
  2. Cari siapa saja yang terlibat dalam masalah. Nah, untuk hal ini karena lebih subjektif, maka anda harus mempelajari orang-orang disekitar anda maupun orang luar yang terlibat dalam masalah organisasi. Hal ini tidak mudah, sebab membutuhkan data yang lebih lengkap lagi tentang apa yang menjadi motif orang-orang yang terlibat, siapa yang ada dibalik keterlibatan mereka, adakah orang yang sengaja dibentuk untuk membuat suatu masalah, dan  lainnya.
  3. Bersikap santai tapi serius. Bagi anda yang terlibat masalah dan selalu panik, disitulah kelemahan anda sebagai pemimpin. Panik, over-reaksi, dan cuek adalah sifat yang membuat anda menjadi target utama dari pembuat masalah. Maka itu, tetap santai dan serius dalam menangani masalah, kalau perlu harus tegas, agar si pembuat masalah bisa kepanikan jika mengetahui posisinya sedang rumit.
  4. Jangan sampai pekerjaan lain terganggu. Ini dia hal yang paling penting. Ketika masalah organisasi terjadi, jagalah agar pekerjaan lain yang juga penting terganggu dan akhirnya menjadi masalah baru.
  5. Manfaatkan orang-orang disekitar anda. Artinya disini adalah, memanfaatkan orang-orang yang mungkin bisa membantu anda untuk menyelesaikan masalah. Jadikan mereka bagian dari kepemimpinan anda, jamin mereka dengan apa yang mereka butuhkan, jaga mereka agar tetap loyal. Hal ini akan mempengaruhi dalam proses penyelesaian masalah.
Itu saja tips dari saya untuk seorang pemimpin yang terkendala masalah. Berbagai bentuk masalah itu hanya anda yang bisa selesaikan, sebab anda menjadi seorang pemimpin itu karena satu masalah besar, yaitu organisasi membutuhkan pemimpin berkualitas.

Ditulis Oleh : Onky Leonardo Manua Hari: 1:37 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment