ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Sunday, October 20, 2013

Unsur-Unsur Kepemimpinan

Unsur-Unsur Kepemimpinan

Jika kita meilihat seorang pemimpin, ataupun kita sebagai seorang pemimpin, apakah kita pernah merasakan unsur-unsur yang ada dalam diri kita sebagai pemimpin? Secara dasar, unsur-unsur itulah yang membentuk arti seorang pemimpin, karakter seorang pemimpin, dan lingkungan seorang pemimpin. Dari berbagai penelurusan teori, saya merumuskan beberapa unsur kepemimpinan yang terdapat dalam diri seorang pemimpin.

Unsur-unsur kepemimpinan itu saya bagi dalam dua golongan yaitu Unsur Intern dan Unsur Ekstern. Unsur intern kepemimpinan adalah unsur yang muncul dari dalam diri seorang pemimpin. Unusur intern membentuk sikap, sifat, dan karakter seorang pemimpin dan keluar menjadi sebuah unsur utama yang menjadikan seorang pemimpin itu tampak dan membentuk unsur ekstern. Jadi terdapat relasi yang sangat kuat antara unsur intern dan unsur ekstern.

Unsur intern kepemimpinan dibentuk dari keinginan atau niat, memiliki pola pikir, nurani serta tanggungjawab. Dari hal-hal itu maka akan terbentuk unsur ekstern yaitu pengaruh, perubahan, dan pengikut. Semua unsur inilah yang membentuk soerang pemimpin menjadi pemimpin yang selalu diharapkan oleh orang-orang disekitar.

Ditulis Oleh : Onky Leonardo Manua Hari: 5:56 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment