ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Saturday, September 1, 2012

Paham Manajemen Klasik

Sudah dibahas sebelumnya bahwa paham atau alirang manajemen klasik itu terbagi dari dua cabang, yaitu manajemen ilmiah dan teori organisasi klasik. Dasar pemikiran dari para ahli manajemen klasik yaitu manusia telah dikelola dalam kelompok dan dalam organisasi sejak jaman purba. Bahkan kelompok pemburu biasanya mengenal dan patuh pada pimpinan atau pembuat keputusan yang bertanggungjawab atas kesejahteraan kelompok itu.

Dengan makin membesar dan makin rumitnya masyarakat, kebutuhan untuk berorganisasi dan mempunyai manajer menjadi sangat terasa. Sebuah kota tak akan dapat dilaksanakan oleh beberapa orang saja. Tenaga pemerintahan dan birokrat dibutuhkan untuk mengelola jalannya suatu negara atau bangsa.

Upaya untuk mengembangkan teori dan prinsip manajemen relatif baru saja dilakukan. Revolusi industri pada abad kesembilan belas secara khusus menyebabkan tumbuhnya kebutuhan akan adanya pendekatan yang sistematis mengenai manajemen. Perkembangan teknologi baru pada waktu itu memusatkan bahan baku dan tenaga kerja dalam jumlah yang sangat besar dan harus didistribusikan secara luas. Bahwa semua itu harus diatur menunjukan adanya masalah manajemen.

Teori manajemen klasik lahir dari pemikiran awal Revolusi Industri di Inggris. Dengan kebutuhan untuk mengatur atau mengelola orang-orang dan perusahaan sehingga pemikiran klasik muncul dengan mengambil dasar pertama dalam perkembangan pemikiran manajemen. Dapat dikatakan bahwa paham manajemen klasik ini adalah aliran pemikiran manajemen yang paling pertama merumuskan teori manajemen sebagai disiplin ilmu.

Ditulis Oleh : Leon Manua Hari: 10:28 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment